Asal Usul Caffe Latte dan Latte Art

Ingin mendapatkan informasi dan update terbaru tentang kopi klik facebook and twitter gratis

Semangat pagi, setelah sebelumnya membahas mengenai espresso dan cappuccino pada kesempatan ini akan  membahas mengenai jenis kopi yang tidak kalah populernya dengan  espresso dan cappuccino yaitu caffee latte atau sering di sebut latte. Kopi jenis ini memiliki penggemar yang tidak sedikit , karena rasa yang di hasilkan memiliki ciri khas sendiri dan tentu saja nilai seni artistik yang bisa di hasilkan.

Mungkin ketika menyebutkan caffee latte akan terdengar sedikit ganjil, kita akan lebih familiar dengan nama Latte art di telinga . Kedua hal ini merupakan jenis yang saling berhubungan.  kenapa ?, karena Latte art berasal dari caffe latte. Pada awalnya Caffe latte adalah minuman kopi dengan perbandingan 3:1 antara susu dan kopi. Rasa yang di hasilkan tidak sekuat cappuccino. Untuk menarik peminat maka cafffe latte mulai di kembangkan dengan memberikan hiasan di atas busa tipis yang bisa berbentuk daun pakis, tokoh kartun bunga atau wajah kita sendiri , perkembangan dari inilah yang kemudian di kenal dengan nama Latte Art.

Ok kita akan membahas sedikit mengenai sejarah caffe latte dan latte art.

1.Caffee Latte

vanilalatte Asal Usul Caffe Latte dan Latte Art Minuman ini pertama kali ditemukan di Italia pada akhir 1950 oleh Lino Meiorin. Ia merupakan pemilik dari sebuah cafe dan merupakan barista pertama dari Italia. Pengunjung cafenya ketika itu tidak terbiasa dengan rasa dari cappuccino tradisional yang sangat tajam dan karenanya meminta lebih banyak susu (latte) untuk dicampur dengan kopi tersebut. Lama-kelamaan Lino memutuskan untuk menjual minuman espresso dengan lebih banyak susu dan menyebutnya sebagai “caffè latte”. Ketika itu, ia menyajikan caffè latte dalam mangkuk dan kemudian beralih menggunakan gelas bir. Kini, caffè latte disajikan dalam cangkir. Latte atau Caffè latte (Bahasa Italia yang artinya kopi susu) adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya. Perbandingan antara susu dengan kopi pada caffè latte adalah 3:1. Istilah Latte pertama kali populer di Amerika Utara sedangkan di Eropa, latte lebih cenderung dianggap sesuatu yang diperuntukkan bagi anak-anak anda atau peminum kopi yang masih sangat belia. Di AS kombinasi latte terdiri dari sepertiga espresso dan dua pertiga susu panas, sehingga lebih terasa susunya dibanding cappuccino. Salah satu faktor penting sebuah latte adalah kualitas frothing susu yang fungsinya adalah untuk meningkatkan dan memperkuat rasa kopi, bukan sebaliknya.

2.Latte Art

 Asal Usul Caffe Latte dan Latte Art Latte sudah lebih di kenal dan memiliki rasa yang nikmat, selain rasa, latte  sudah semakin menarik karena busa tipis yang ada di latte tidak hanya berbentuk busa tetapi sudah di modifikasi/di kreasikan menjadi bentuk yang menarik dan seni menghias latte inilah yang di sebut dengan Latte Art. Dua bentuk yang paling umum dari menuangkan seni latte adalah bentuk hati dan ” rosetta ” atau ” roset ”  juga dikenal sebagai ” pakis ” yang menyerupai jenis bunga atau pakis .

Berikut adalah cara pembuatan Latte art :

Latte art sekarang ini sudah sudah semakin berkembang dan lukisan yang  di hasilkan tidak hanya terpaku pada bentuk umum, sekarang bisa di lihat latte art dengan bentuk hewan, tokoh kartun atau gambar wajah sendiri.

 Asal Usul Caffe Latte dan Latte Art Orang yang bernama Michael Keen  Pemilik dari Studio 6 Coffee House ini memiliki kemampuan lain daripada yang lain. Michael Keen bisa menggambarkan wajah pelanggannya yang membeli kopinya di segelas latte dengan memanfaatkan busa yang muncul di permukaan kopi tersebut.
Jika kamu mau menikmati latte dengan lukisan gambar wajahmu di atas permukaan latte, datang saja ke kedai kopi Keen.  Akan tetapi kedai ini belum ada cabangnya dan kedai ini berada di 910 Santa Fe Drive, Denver, Colorado, Amerika Serikat. Jika itu terlalu jauh dan memakan biaya anda juga bisa menikmati Latte art di coffee shop langganan yang ada di kota anda dan tentu saja menyajikan menu ini. gambar yan di hasilkan tentu saja menarik perhatian dan tidak menutup kemungkinan anda untuk menjadi penggemar latte art dan menjadi penikmat setianya. semoga bermanfaat.Salam “Dunia Hitam”.

Incoming search terms:

asal mula lattesejarah caffe lattesejarah latte art

lg share en Asal Usul Caffe Latte dan Latte Art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 − = three