doktor kopi itu bernama Yusianto

Ingin mendapatkan informasi dan update terbaru tentang kopi klik facebook and twitter gratis

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba menulis mengenai seorang master of coffee indonesia , kenapa di katakan demikian ?? karena orang ini memiliki sertifikat internasional yang sudah di akui dunia internasional Yusianto namanya. Yusianto mendapatkan sertifikat dari Speciality Coffee Association of America (SCAA)pada tahun 2009 dan merupakan salah satu dari 24 orang pencicip kopi bersertifikat internasional pertama di Indonesia.

Ingin mendapatkan informasi dan update terbaru tentang kopi klik facebook and twitter gratis

Yusianto lahir di Nganjuk, 12 Mei 1961, Lulus dari jurusan Teknologi Industri Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB),dia seorang peneliti sekaligus sensory analyst (penguji cita rasa) di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka), Jember, Jawa Timur, yang juga dikenal sebagai ‘dokter kopi’ Indonesia.

coffeecagkir mengangkat dan menulis orang ini karena unik dan sangat berbeda jika dikatakan  seorang “coffee cupping dan barista ” , yang pada umumnya yang berpenampilan elegant dan tidak sedikit seorang coffee cupping dan barista   cute dan cantik. ya kalau bisa di bilang mirip penampilan seorang Ustadz (belum pernah ketemu cuma liat dari foto aja , semoga kemudian hari ada langkah dan jodoh bisa ketemu sama orangnya).

Terlepas dari segi penampilan ternyata Yusianto memiliki pengetahuan yang wow mengenai kopi dan ini menjadi faktor paling penting kenapa coffeecangkir tertarik untuk membuat tulisan ini. dan semoga aja ada rezeki dan jodoh bisa belajar langsung dengan orangnya, semoga bisa terwujud. amin…..

berikut ulasan singkat sang “doctor coffee of indonesia”

Yusianto merupakan pendidik para barista dan staf departemen penelitian dan pengembangan di berbagai perusahaan produsen kopi Indonesia. Kafe di Jakarta yang mengirimkan tenaga ahli untuk belajar membuat kopi dari Yusianto antara lain Anomali Coffee dan Excelso. Sementara, produsen kopi yang mengirimkan tenaga litbang untuk belajar pada Yusianto antara lain Kapal Api, Singa, dan Top Coffee.

Keahlian yang diajarkan  meliputi kemampuan menentukan kualitas biji kopi dan minuman kopi yang telah dibuat serta kemampuan menilai aroma dan derajat keasaman kopi serta asal-usul dari biji kopi tertentu.

 Yusianto doktor kopi itu bernama YusiantoYusianto berkata . “Barista dari kafe-kafe di Jakarta, banyak yang belajar dari saya dan pencicip kopi lain di Puslitkoka. Termasuk mereka dari R&D di perusahaan kopi. Setiap tahun ada sekitar 100 yang belajar. Kita beri mereka sertifikat,” .”Mereka kita beri pelatihan dasar untuk membuat kopi dan mengenal dan membedakan cita rasa kopi. Setelah dasar-dasar kita berikan, kita persilakan mereka untuk mengembangkan di tempatnya masing-masing,” ucapnya.

mengapa disebut doktor kopi indonesia .?

pada tahun 1988. Lulus dari jurusan Teknologi Industri Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB), ia masuk ke Puslitkoka dan menekuni bidang pascapanen kopi serta cokelat. karena ini Yusianto belajar cita rasa dari para peneliti dan direktur Puslitkoka terdahulu. Ketika ada ahli kopi datang ke Puslitkoka, ia berbincang tentang kopi untuk “mencuri” ilmu tentang cita rasa kopi.

Proses belajar secara terus-menerus membuat Yusianto mengenal betul cita rasa kopi dari beragam daerah. Banyak rekan Yusianto yang kini menjulukinya “dokter kopi”. Bertanya tentang cita rasa kopi kepadanya berarti harus menyiapkan berjam-jam untuk mendengarkan uraiannya. Sejak menjadi dokter kopi, keseharian Yusianto tak jauh dari biji kopi. “Kita harus tetap melatih sensor kita. Minimal harus mencicipi kopi setiap harinya. Kalau saya kadang bisa mencicipi 60 jenis kopi,” katanya.

Kopi yang dicicipi bisa merupakan kiriman dari klien perusahaan kopi atau kafe yang membutuhkan penilaian atau kopi yang berasal dari daerah baru. “Bagi saya, suka adalah ketemu kopi enak dan duka adalah kalau ketemu kopi yang tidak enak,” cetusnya.

semoga bermanfaat dan bisa menjadi informasi unik mengenai kopi

referensi :  kompas.com

lg share en doktor kopi itu bernama Yusianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + 8 =